Proyek Longsekmen Jalan Negara Diduga Menyalahi Prosedur
Cari Berita

Advertisement

Proyek Longsekmen Jalan Negara Diduga Menyalahi Prosedur

Sabtu, 13 Maret 2021

foto lokasi proyek longsekmen dikelurahan Kodo kota bima ( potret bang Buser )

Kota Bima, Media Buser Bima - Proyek Longsekmen atau pemasangan tiang pancang penguat dinding Jalan Negara yang  di Kelurahan Kodo, Kecamatan Rasa Na,e Timur, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), diduga menyalahi prosedur. Pasalnya, proyek yang dikerjakan oleh PT.Tukad Mas itu tidak dilengkapi oleh papan infomasi di lokasi pekerjaan.

Keberadaan papan informasi proyek sangat penting, selain media pemberi informasi kepada masyakarakat. Pemasangan papan informasi juga sudah di atur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 70 tahun 2012 tentang pengadaan barang dan jasa. 

Pengawas lapangan Satuan Kerja Kementrian Pekerjaan Umum (Satker PU), Sudarman, yang ditemui sejumlah awak media mengaku, heran dengan kondisi proyek yang dikerjakan dengan tidak dilengkapi papan informasi di lokasi pekerjaan, "tumben mereka yang kerja lupa pasang papan nama proyek, padahal itu yang harusnya paling utama pasang di lokasi proyek, " terangnya.
foto besi proyek untuk tiang pancang pegiat beton

Menurut dia, pemasangan papan informasi proyek itu harus dilakukan agar masyarakat mengetahui dari mana sumber anggaran proyek itu dapat dilaksanakan, " Saya akan sampaikan kepada kontraktor dan pekerja agar memasang papan informasi di lokasi proyek itu," akunya.

Dijelaskan Sudarman," anggaran pengadaan dan pemasangan papan informasi di lokasi proyek sudah diatur oleh pemerintah, dan hal itu sudah menjadi kewajiban kontraktor, " Sudah ada anggaran untuk papan infomasi proyek dari pemerintah," Jelasnya. 

Ditambahkan, pihaknya mengaku terjadi kesalahan jika ditemukan kondisi proyek dilapangan tidak terpasang papan informasi, " Kalau tidak pasang dilapangan, maka disitulah kesalahan kami, " Kata Sudarman.

Sesuai hasil pantauan langsung Wartawan Media Buser Bima dilapangan, (Jum'at 12/3/2021 ), tampak berapa unit alat berat sedang melakukan pengeboran untuk memasang tiang pancang, sampai saat ini baru 13 titik bor yang dikerjakan.

Sampai berita ini di mediakan, Direktur PT.Tukad Mas, Melalui telepon seluler nya  085 253 336 XXX selaku kontraktor proyek Longsekmen yang berusaha dihubungi untuk dimintai konfirmasi oleh wartawan media ini belum meberikan keterangan.

Bang Buser BB 01