Penilaian Lomba Kampung Sehat Tingkat Kabupaten dan Kota di Wilayah Hukum Polresta Mataram Tuntas Dilaksanakan
Cari Berita

Advertisement

Penilaian Lomba Kampung Sehat Tingkat Kabupaten dan Kota di Wilayah Hukum Polresta Mataram Tuntas Dilaksanakan

Kamis, 01 Oktober 2020

Narmada, Media Buser Bima --Penilaian Lomba Kampung Sehat Tingkat Kabupaten dan Kota di Wilayah Hukum Polresta Mataram Tuntas Dilaksanakan. Penilaian dilaksanakan selama tiga hari. Totalnya 9 perwakilan kelurahan atau desa di masing-masing dewan juri. 
Penilaian dituntaskan setelah menilai tiga kelurahan atau desa dihari terakhir.  Tiga desa yang dinilai ini masing-masing Desa Penimbung yang mewakili Kecamatan Gunung Sari. Berikutnya Desa Gegelang yang mewakili Kecamatan Lingsar. Penilaian juga dilaksanakan di Desa Sesaot mewakili Kecamatan Narmada. Dua hari sebelumnya, penilaian dilakukan enam kelurahan di Kota Mataram. Mulai di Kelurahan Bintaro Jaya yang mewakili Kecamatan Ampenan. kelurahan Jempong Timur mewakili Kecamatan Sekarbela. Lalu Kelurahan Pagutan Timur mewakili Kecamatan Mataram. Dihari kedua tim penilai mendatangi Kelurahan Dasan Cermen perwakilan Kecamatan Sandubaya. Berikutnya Kelurahan Cakra Utara wakil Kecamatan Cakrangera. Penilaian dihari kedua berakhir di Kelurahan Monjok Barat perwakilan Kecamatan Selaparang.

Di Desa Sesaot, penilaian dilaksanakan pada Hari Rabu (30/09/2020). Dimulai sekitar pukul 15.30 WITA. Rombongan tim penilai langsung mendatangi Kantor Desa Sesaot Kecamatan Narmada.
Kepala Desa Sesaot, Yuni Hari Seni menyampaikan, pihaknya sudah membentuk tim Satgas covid-19. Lalu juga menjelaskan  di Desa Sesaot sudah menerapkan protokol covid 19. Sehingga Desa Sesaot masih berstatus zona hijau sampai saat ini. "
Kami mewakili segenap warga Desa sesaot memohon dan meminta saran dan masukan dari tim penilai untuk memutus mata rantai Covid-19 ini," ungkapnya. 
Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru diinisiaai Polda NTB. Penilaian dilakukan dibeberapa aspek. Diantaranya, aapek keamanan, kelembagaan, kesehatan, sosial ekonomi, keagamaan, ekonomi. Satu persatu aspek lalu dinilai oleh tim penilai. Wakasat Binmas Polresta Mataram, Iptu Hayat P menyampaikan, Lomba Kampung sehat yang diinisiasi oleh Polda NTB memiliki tujuan untuk menekan curva angka penyebaran Covid-19. Lalu untuk menghidupkan kembali geliat ekonomi masyarakat dengan tetap mematuhi dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan. Sehingga tidak ada masyarakat yang tidak makan. Berikutnya menekan angka stunting juga gizi buruk. Serta tingkat keamanan masyarakat tetap dapat dijaga dan berjalan dengan baik. " Semoga dengan upaya ini penyebaran Covid-19 bisa kita hilangkan secepatnya," katanya.

Penilaian itu dihadiri antara lain oleh Kapolsek Narmada Kompol I Nyoman Nursan S.H.,  Plt Camat Narmada M.Busyaeri M.M, Kades Sesaot Yuni Hari Seni S.PD, Kepala Puskesmas Narmada Dr. Dewa Agung Ngurah, Petugas Postu Kesehatan, Babinkmtibmas serta Babinsa Desa Sesaot dan Linmas Desa sesaot. Secara keseluruhan, giat penilaian di Desa Sesaot berakhir dengan aman dan lancar.

Bang Buser BB 01