3 Kelurahan di Kota Mataram Terima Bantuan Spesifik Perempuan dan Anak dari HNS

Iklan 970x250 px

3 Kelurahan di Kota Mataram Terima Bantuan Spesifik Perempuan dan Anak dari HNS

Rabu, 02 September 2020
Keterangan foto : foto bersama H. Nanang Samodra bersama para penerima bantuan spesifik perempuan dan anak

Mataram, Media Buser Bima.Info - Sebagaimana diketahui bahwa penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia cenderung meningkat dengan wilayah penyebaran yang meluas ke seluruh wilayah Indonesia. Hal ini ditandai dengan jumlah kasus positif dan angka kematian yang terus bertambah dari waktu ke waktu.

Dalam kondisi saat ini, perempuan dan anak merupakan salah satu kelompok rentan terdampak COVID-19. Selain menghadapi masalah ekonomi, perempuan sering mengalami dampak secara psikis dan fisik akibat beban berlapis yang dialami pada saat pembatasan sosial. Struktur sosial masyarakat yang masih didominasi budaya patriarki mengharuskan perempuan berperan sebagai pengasuh, pendidik, memastikan kesehatan keluarga, menyiapkan makanan, sekaligus bekerja saat pandemi berlangsung. Pada saat perempuan dianggap tidak mampu menjalankan fungsi domestiknya, perempuan rentan mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Orang tua yang positif COVID-19 juga rawan menularkan virus tersebut kepada anak. Anak yang tertular akan menjalani perawatan dalam isolasi dan terpisah dari orang tua atau pengasuhnya. Selanjutnya anak berisiko kehilangan hak atas pengasuhan karena pengasuh inti tertular atau meninggal dunia karena COVID-19.

Dengan demikian, perlu dilakukan upaya pemenuhan kebutuhan spesifik bagi perempuan dan anak sebagai kelompok rentan yaitu dengan memberikan bantuan kebutuhan spesifik.

Anggota DPR RI Komisi VIII Ir. H. Nanang Samodra., M.Sc bertempat di kampus Unizar dan dihadiri oleh pejabat kampus Unizar diantaranya Rektor, Wakil Rektor I dan Ketua LPPM, menyalurkan ratusan paket bantuan spesifik kepada perempuan dan anak yang terdampak pandemi covid-19, senin (31/8/2020).

Bantuan yang diserahkan diantaranya pembalut, susu formula, popok bayi, vitamin, handuk, obat-obatan, alas tidur, perlengkapan ibadah dan sejumlah kebutuhan khusus perempuan dan anak. Bantuan tersebut diserahkan di sejumlah titik di kota mataram, diantaranya di kelurahan turide, dasansari dan tinggar oleh para relawan HNS dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19.

"Perempuan dan anak ini cukup rentan. Khususnya anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh yang tidak sama seperti orang dewasa, sehingga kami memaksimalkan untuk memperhatikan kedua kelompok ini,” kata HNS di sela sela penyerahan secara simbolis di Kelurahan Turide Kecamatan Sandubaya Kota Mataram NTB.

Selain itu, HNS juga menambahkan. "Pemenuhan dan perlindungan hak bagi perempuan dan anak merupakan tanggung jawab kita bersama, perlu sinergitas yang baik oleh semua pihak, baik Pemerintah, Pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat dalam percepatan penanganan pandemi covid-19 ini, dengan tetap memperhatikan kepentingan yang terbaik bagi perempuan dan anak,” Tutup HNS.

Acara serah terima bantuan spesifik perempuan dan anak oleh HNS secara simbolis diakhiri dengan foto bersama.

Bang Buser BB 01

Penulis : habib