PU NTB Optimalkan Pembuatan Waduk di Pulau Sumbawa

Iklan 970x250 px

PU NTB Optimalkan Pembuatan Waduk di Pulau Sumbawa

Kamis, 06 Agustus 2020
Kepala Dinas PU Provinsi NTB H.Sahdan  (dok ,suarantb.com )

BIMA,Media Buser Bima -Dinas Pekerjaan Umum (PU) Nusa Tenggara Barat, terus mengoptimalkan pembuatan Waduk serta tanggul sungai dan laut di Pulau Sumbawa guna mendukung komitmen perbaikan infrastruktur yang dicanangkan Gubernur, Zulkieflimansyah.

"Kita sudah berkoordinasi dengan kepala balai wilayah sungai NTB untuk segera melakukan kajian lapangan seperti rencana pembuatan Waduk, embung dan talud sungai,"kata, Kepala Dinas PU NTB, H Sahdan, dari Mataram, Kamis (06/08/2020) waktu setempat.

H Sahdan menegaskan, pemerintah NTB telah melakukan identifikasi kewenangan infrastruktur antara APBD dan APBN untuk terus di komparasi kan agar infrastruktur sesuai dengan rencana strategis infrastruktur di Pulau Sumbawa sebagaimana ikhtiar Gubernur.

Ia juga menegaskan PU NTB berterimakasih atas masukan banyak pihak termasuk anggota dewan asal Bima agar pembangunan waduk, talud serta kebutuhan infrastruktur masyarakat lainnya segera di realisasikan.

Karena itulah, kata  Sahdan, pihaknya telah membuat beberapa rencana aksi untuk merealisasikan waduk waduk tadi dengan mulai survey, perencanaan dan kajian tehnis lainnya hingga mengalokasikan komposisi anggaran.

Data PU NTB menyebutkan, alokasi anggaran infrastruktur baik jalan, jembatan dan bendungan di NTB mayoritas dari pulau Sumbawa, utamanya Bima. Mulai dari peningkatan ruas jalan provinsi, bendungan, waduk, saluran irigasi serta pemeliharaan sungai dan bendung yang sudah ada.

Sebelumnya, anggota DPRD NTB Dapil IV asal Bima, Abdul Rauf, meminta agar Provinsi NTB merealisasikan pembangunan waduk dan tanggul penahan abrasi di Bima, utamanya sepanjang Kecamatan Wera dan Ambalawi.

Realisasi itu disampaikan Abdul Rauf untuk menunaikan  janji politik Gubernur, Zulkieflimansyah sejak kampanye Pilkada lalu.

"Beberapa saat kunjungan dapil saya diingatkan akan janji beliau, di beberapa titik. Misalnya di Ambalawi dan Wera, soal pembangunan waduk dan tanggul disana. Ada juga permintaan masyarakat Sangiang Wera untuk minta dibangunkan talud sungai dan talud mencegah abrasi, akibat hanyut karena banjir. Bahkan BPBD NTB telah diterjunkan untuk melakukan survey dan penanganan darurat," demikian, Abdul Rauf.

Bang Buser BB 01