Dirjen PDSPKP: Konsumsi Ikan Masyarakat Bima Meningkat
Cari Berita

Advertisement

Dirjen PDSPKP: Konsumsi Ikan Masyarakat Bima Meningkat

Senin, 03 Februari 2020


Foto Dirjen PDSPKP, Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, Agus Suherman Saat jalan santai
 Kabupaten Bima,Media Buser Bima - Dirjen PDSPKP, Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, Agus Suherman mengaku, konsumsi pangan ikan masyarakat Kabupaten Bima meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Berdasarkan data yang masuk di kementerianya, kata Agus, konsumsi ikan masyarakat Bima mencapai 43 Kg, per orang per kapita. Hal itu melebihi konsumsi masyarakat di tingkat propinsi yang hanya 39 Kg per kapita. 

‘’Tahun 2020 ini meningkat dibandingkan dengan Propinsi NTB. Ini bukti bahwa tingkat konsumsi ikan masyarakat Bima sudah meningkat,’’ujar Dirjen, di hadapan Sekda Bima dan sejumlah pejabat Provinsi dan Kabupaten Bima, saat menghadiri acara Safari Gemarikan di Jalan Baru, Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Minggu, 02 Februari 2020.
 

Menurutnya, melalui Safari Gemarikan, tergambar betapa besar potensi Perikanan dan Kelautan yang dimiliki Kabupaten  Bima.

Dirjen berharap,” melalui program Pemerintah yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dapat ditingkatkan. Karena kementerianya tetap terbuka bagi pemerintah daerah yang mengajukan surat dan proposal,”harapanya  

Kegiatan Gemarikan akan membantu masyarakat. Menyadarkan mereka untuk mencintai makanan yang bahan bakunya dari ikan. Mengkonsumsi ikan itu sangat penting.Ia mengaku, kegiatan di Kabupaten Bima merupakan yang kedua setelah di Provinsi Aceh. Pusat akan terus meningkatkan kegiatan seperti itu.
           

Terkait rencana Pemeribtah kabupaten  Bima yang menghendaki agar dibangun pabrik es? Menurut  Dirjen, pihaknya akan siap membantu.Ia meminta agar Pemkab segera menyampaikan,” pada pusat, analisis kebutuhan juga coast maritim untuk membantu pengelolaan hasil laut di teluk Bima,”ujarnya

‘’Segera didesigne gambar dan lain-lain yang sesuai kebutuhan masyarakat. Ukuran mesin dan rincian semuanya,’’katanya.

Agus menyampaikan terima kasih pada masyarakat Bima, yang telah banyak memanfaatkan semua jenis bantuan dari pusat.Artinya, lanjut Dirjen, bantuan yang disalurkan pusat tidak mangkrak, yang berakibat pada persoalan hukum.
‘’Ini penghargaan kami yang sangat luar biasa, Masyarakat Bima sudah banyak memanfaatkannya dan menjaganya dengan baik,’’aku Agus.
 

Dirjen meminta agar yang diusulkan ke pusat itu benar-benar dibutuhkan masyarakat.
Karena berdasarkan laporan Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bima, bahwa 15 Kecamatan dan 164 Desa se Kabupaten Bima berada di wilayah pesisir.

Itu potensi bagi Kabupaten untuk segera dikembangkan. Bila perlu, semua diarahkan menjadi sektor wisata Ikan, laut dan Pertanian. Kalau itu sudah dilakukan, maka untuk yang akan datang tidak susah dipromosi.Dirjen menghimbau agar event seperti yang dilakukan itu dapat terus dilakukan melibatkan semua komponen dan stake holder di Kabupaten.

Kemudian hasil-hasil olahan, yang bahan bakunya dari ikan dan laut tetap dikembangkan, didukung sampai ke tingkat Nasional bukan saja pada tingkat Kabupaten dan Kota,”tutupnya

Amir Reynal BB 01
Sumber (ProKom Setda Bima)