Ada Surga Tersembunyi di Balik Keindahan Pantai Rontu Bima

Iklan 970x250 px

Ada Surga Tersembunyi di Balik Keindahan Pantai Rontu Bima

Selasa, 13 Agustus 2019
Pantai Rontu yang berada di selatan Kabupaten Bima, saat dikunjungi oleh wisatawan.


BIMA-Diujung selatan Kabupaten Bima ternyata menyimpan banyak potensi wisata yang belum dikembangkan, salah satunya adalah Pantai Rontu yang terletak di sebelah selatan Kabupaten Bima tepatnya di Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima,  berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Dengan hamparan pasir putih yang indah dan perairan laut yang berombak besar, serta panorama pegunungan sekeliling yang eksotis membuat Pantai Rontu sangat mengagumkan.

Dari segi keindahan serta kejernihan birunya laut, pantaslah sebagian wisatawan yang pernah berkunjung kesini menyembut pantai rontu adalah syurga yang tersembunyi diujung selatan kabupaten bima.

Bagi Anda yang hobi olahraga laut, banyak kegiatan yang dapat dilakukan disini seperti berenang, memancing, bersantai, dan kegiatan lainnya seperti surving dan diving.

Di tepi pantai, banyak sekali bertebaran karang-karang yang jadi lokasi favorit bagi wisatawan untuk berfoto. Selain itu, pemandangan bukit-bukit di sekitarnya juga sangat menarik. Garis Pantai Rontu ini langsung jatuh ke laut lepas, dan jenis ikannya yang beragam menyebabkan pantai ini penggemar bagi pemancing masyarakat sekitar Bima.

Pantai Rontu merupakan pilihan wisata yang pas bagi anda yang gemar fotografi ataupun yang sekedar ingin menikmati suasana tenang di tempat yang alami dan memiliki pemandangan indah. Bentangan laut, pasir yang unik serta jajaran perbukitan siap memanjakkan mata anda dengan dilengkapi hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Anda juga dapat melihat pemandangan Pantai dari atas tebing yang letaknya berada disisi timur Pantai ini, masyarakat sekitar memberi nama dari tebing itu adalah, “Karombo Ama Baka” (Gua A. Bakar), dari atas tebing sambil melihat pemandangan yang indah Anda sekaligus melihat ombak yang sangat ganas setinggi 3 meter memukul sisi tebing karang.

Menurut cerita masyarakat setempat Karombo Ama Baka merupakan tempat tinggal seseorang yang bernama A. Bakar pada zaman dulu. Udara segar di tebing Karombo Ama Baka sangat menenangkan anda dan anda bisa santai berfoto foto selvi dengan latar tebing Pantai Rontu.

Kondisi jalan menuju pantai ini sudah cukup baik serta sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Dari pusat kota Bima, anda membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan untuk mencapai pantai cantik ini.

Rute yang anda tempuh jika dari kota Bima adalah menuju arah bandara. Ketika ada menemukan pertigaan tepatnya di Desa Simpasai, beloklah ke kiri dan teruskan perjalanan anda menuju arah selatan untuk mencapai lokasi Pantai Rontu. Anda pun dapat menggunakan taksi ataupun ojek untuk membawa anda ke pantai ini apabila anda tidak membawa kendaraan sendiri.

Untuk menghindari anda nyasar, disepanjang perjalanan diharapkan jangan malu bertanya pada warga kampung. Setelah tiba dilokasi, pastinya anda akan kagum dengan keindahan yang dimiliki pantai rontu. Keindahan serta panoramanya yang eksotis dan ditambah jernihnya air laut, membuat anda yang berekreasi di pantai rontu akan semakin betah. (SR/01)