Jambore Satpol PP Bima, Tingkatkan Jiwa Korsa Dalam Menegakkan Perda
Cari Berita

Advertisement

Jambore Satpol PP Bima, Tingkatkan Jiwa Korsa Dalam Menegakkan Perda

Kamis, 25 Juli 2019


Kegiatan pembukaan jambore di Kantor Satpol pp kab Bima pada Rabu (24/07).

Bima-Bupati Bima yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bima HM. Qurban, SH, menjadi Inspektur Upacara dalam upacara pembukaan Jambore Satuan Polisi Pamong Praja tingkat Kabupaten Bima 2019 yang dilaksanakan di Markas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bima, Rabu (24/7).

Upacara ini dihadiri Dansat Pol PP dan seluruh Anggota Polisi Pamong Praja baik itu yang berasal dari Markas Komando, maupun yang berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Bima. "Kegiatan Jambore yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan dan profesionalisme kerja di lingkungan kerja masing-masing maupun di masyarakat," kata Bupati Bima dalam amanatnya.

Diakuinya, keberadaan satuan polisi pamong praja merupakan unsur terdepan dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda) yang tentunnya dibutuhkan kedisplinan dan profesionalisme yang tinggi. Selain itu, kata dia, keberadaan Satuan Polisi Pamong Praja juga harus mampu melakukan edukasi dan pencegahan terhadap potensi-potensi pelanggaran ketertiban umum. "Sehingga peranannya ini mempunyai peran penting dalam menangani tindakan saat situasi mulai memanas," katanya.

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh unsur Satuan Polisi Pamong Praja baik yang berada  di Markas Komando maupun di tiap kecamatan dan desa agar dapat bekerja secara maksimal dan menunjukan sikap profesionalisme dalam melaksanakan tugas yang diemban.

Pantauan langsung wartawan, diisamping mengikuti kegiatan Jambore satuan polisi pamong praja ini, para anggota satuan polisi pamong praja baik yang ada di Markas Komando maupun di Kecamatan, juga akan diberikan pelatihan terkait dengan pelatihan jelajah Alam, Jurik Malam, lomba kebersihan barak serta kebersihan seragam. Mereka ini akan dilatih oleh para pelatih dari jajaran Kodim 1608 Bima dan Brimob.

"Ini semua sebagai upaya kita bersama dalam rangka memberikan kedisiplinan terhadap para anggota Polisi Pamong Praja," tegas Dansat Pol. PP H. Soemarsono, SH.

Ia menambahkan bahwa, kegiatan Jambore Pol. PP tingkat Kabupaten Bima yang dilaksanakan ini dalam rangka meneguhkan jiwa korsa, merawat nilai-nilai patriotisme serta membangun dan memupuk jiwa nasionalisme para peserta, sehingga peduli, mau berbagi, serta empati kepada masyarakat. "Jadi kami berharap melalui kegiatan ini, selain sebagai ajang pemersatu, juga dapat membangkitkan jiwa korsa atau semangat Korps Satpol PP," tandasnya. (SR/01)