HUT ke-15 Tagana NTB, Kota Bima Jadi Tuan Rumah

Iklan 970x250 px

HUT ke-15 Tagana NTB, Kota Bima Jadi Tuan Rumah

Rabu, 24 Juli 2019


Walikota Bima, H. M. Lutfi, SE, saat memimpin upacara HUT Tagana Ke-15 di Lapangan Kolo pada Selasa (23/07).


Kota Bima-Rasa haru tersendiri untuk Kota Bima setelah menjadi tuan rumah HUT Taruna Siaga Bencana (TAGANA) ke-15 tahun 2019 di NTB. Memeriahkan HUT TAGANA, panitia yang dibawah kendali Dinas sosial setempat menggelar sejumlah kegiatan event dan lomba berhadiah selama tiga hari.

Kegiatan yang dipusatkan di Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota, Kota Bima, diikuti oleh 10 Kota-Kabupaten di NTB. Sebagai rangkaian kegiatan HUT Tagana ke-15 ini pula, digelar upacara bersama di lapangan sepak bola kelurahan kolo.

upacara HUT TAGANA ini dipimpin langsung oleh Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, dan diikuti oleh seluruh jajaran Pemkot Bima terutama, Wakil Walikota Bima, Sekda Kota Bima, Kapolres Bima, delegasi dari Kota dan Kabupaten lain di NTB.

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE melalui pembacaan amanat Menteri Sosial HUT ke-15 TAGANA-menyampaikan amant Mensos RI dan menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba terhadap berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan selama tiga hari.

Pada moment upacara HUT TAGANA yang juga dihadiri oleh Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan, SH ini, Walikota Bima menyatakan, telah membuktikan secara nyata tentang rasa kekompakan dan kedisplinan serta kebersamaan yang tercipta. Kondisi seperti inilah yang diharapkan dalam setiap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Tagana.

Tidak hanya itu, dirinya juga mengapresiasi kinerja dan semangat kerja Tagana demi memberikan pelayanan terbaik dalam menolong para korban bencana.

Walikota menjelaskan, wilayah RI sangat rawan bencana dan hal itu terbukti di Tahun 2018 kemarin terjadi beberapa kejadian bencana besar dan menimbulkan korban seperti kejadian Gempa Bumi di NTB , Peristiwa Gempa Bumi dan Tsunami di provinsi Sulawesi tengah serta peristiwa tsunami di provinsi Lampung dan Banten yang dikenal sebagai tsunami selat sunda di awal tahun 2019.

Rangkaian kejadian bencana masih terjadi seperti bencana banjir di Kabupaten Madiun , Gempa bumi di provinsi NTB dan Banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

Dalam penanganan bencana, Kementerian Sosial melakukan tugasnya dengan memberikan bantuan berupa makanan, pelayanan dapur umum, pendirian tenda darurat dan layanan dukungan psikososial serta mengeluarkan cadangan beras pemerintah, seperti penanganan banjir bandang di Kabupaten Jayapura sebanyak 100 ton.

Dengan segala keterbatasan, saya menyadari sinergitas dengan kementerian (lembaga terkait), merupakan hal yang mutlak dilakukan sehingga pelayanan kepada korban bencana alam diharapkan dapat terlaksana secara cepat dan tepat. saya harapkan kepada seluruh kepala dinas Provinsi atau yang mewakili baik  di tingkat nasional antar lembaga ini terjadi. Namun di tingkat daerah provinsi atau di lembaga kabupaten kota sehingga benar-benar mempunyai daya guna yang mampu meningkatkan pelayanan bagi masyarakat bersatu padu menyatukan pelayanan korban bencana tidak saja hitungan matematis,” harap Walikota mengutip amanat Kementerian Sosial RI.

Usai penyampaian amanat Menteri Sosial RI, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah berbagai mata lomba yang tertuang dalam rangkaian kegiatan HUT ke 15 Tahun Tagana. Penyerahan hadiah ini pun, diserahkan secara langsung oleh Walikota Bima, Wakil Walikota Bima, Kapolres dan pihak lainnya. (SR/02)