Tim Wasev Mabes TNI AD Tinjau TMMD 103 di Bima. Brigjen TNI Hasto Prasisto Yuwono: Program TMMD di Bima 90 Persen Tuntas Terlaksana
Cari Berita

Advertisement

Tim Wasev Mabes TNI AD Tinjau TMMD 103 di Bima. Brigjen TNI Hasto Prasisto Yuwono: Program TMMD di Bima 90 Persen Tuntas Terlaksana

Kamis, 08 November 2018


Foto Brigjen TNI Hasto Prasisto Yuwono saat sambutan dan berdialog dengan masyarakat desa lambu, Kabupaten Bima.

BIMA, Buserbima.com--Ketua Tim Wasev Mabesad,  Brigjen TNI Hasto Prasisto Yuwono. S.I.P meninjau langsung lakosi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Lambu Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima - NTB, pada kamis (08/11/2018).

Brigjen Hasto yang didampingi oleh Letkol Arh. Nova Mahanes Y. Dis, Dandim 1608 Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra dan Wakapolres Bima Kota Kompol Yusuf, disambut antusias oleh sejumlah pejabat pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, tokoh masyarakat setempat dengan tarian tradisional yang disebut tarian buja kadanda.

Dalam sambutannya, Brigjen Hasto menyampaikan rasa  syukur serta bangga atas antusiasme warga setempat dalam menyambut kehadiran TNI khususnya melalui program TMMD yang dilaksanakan di wilayah Kodim 1608 Bima.

Di wilayah bima sendiri, ada dua lokasi yang menjadi program prioritas TMMD ke 103 tahun 2018 yakni di desa lambu dan desa soro. Dua wilayah ini, tergolong desa yang masuk kategori 3T,  terdepan, terluar dan tertinggal. Terlebih lagi, lokasi desanya terbilang pelosok dan kumuh yang tentu jauh dari pembangunan yang diharapkan merata.

"Di desa lambu program TMMD ke 103 meliputan rehab mesjid sebagai sarana ibadah. Seperti memasang keramik, membuat MCK atau toilet, serta memperbaiki segala fasilitas dan sarana yang ada sehingga masyarakat merasa nyaman ketika melaksanakan ibadah" kata Hasto pada sambutannya.

Selain itu, di dua desa tersebut dalam program fisik TMMD,  juga mendirikan pos jaga, membuat jalan penghubung antar desa lambu dan desa nggelu, drainase, jembatan, rehab sarana pendidikan, dan juga memasang pipa air untuk kebutuhan masyarakat, sehingga untuk program fisik TMMD di bima sudah mencapai 90 persen terlaksana.

Sementara program non fisik TMMD antara lain yaitu bela negara, kecintaan tanah air, terutama menyangkut keamanan masyarakat seperti sosialisasi tentang bahaya narkoba, konflik berkepanjangan serta kerukunan hidup antar umat beragama.

Dijelaskan pula dihadapan masyarakat setempat, bahwa kehadirannya sebagai Ketua Tim Wasev Mabesad tidak lain untuk memonitoring serta evaluasi dari kegiatan TMMD ke 103. Karena,  program TMMD ini selaras dengan program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat atau Presiden RI Jokowi dengan tujuan membangun indonesia dari pinggiran.

"Semakin kita membangun desa, semakin pula masyarakat bisa sejahteta. Dengan program TMMD ini diharapkan bisa membantu masyarakat desa yang benar benar tertinggal. Namun kami berharap pula, agar yg sudah dibangun dapat dijaga, dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik. Seperti halnya mesjid, setelah diperbaiki semakin ramai pula yang datang beribadah." Harapnya

Usai memberikan kata sambutan dan berdialog dengan masyarakat setempat, Hasto meninjau langsung beberapa lokasi, diantaranya tinjau UKM tenunan khas desa setempat, rehap mesjid desa lambu, dan meninjau jalan penghubung antar desa sepanjang 3.2 km.

"Semoga kedepannya, program TMMD ini dapat meluas ke wilayah pelosok desa lainnya yang belum tersentuh. Untuk itu, mulai sekarang masyarakat dipersilahkan berkoordinasi dan komunikasi dengan TNI di daerah masing masing guna menyampaikan keluhan, usulan yang diharapkan dari program TMMD berikutnya." Pintanya. (Ewan)